Welcome to our website !

Maybe Blog

No rule just my style..

8 Hal yang harus diketahui dalam memotret landscape

By 09:00:00

Sebuah foto landscape yang baik gak hanya menangkap yang agan lihat ketika memotret sebuah pemandangan. tapi kita harus merasakan keselurahan emosi pas kita pertamakali melihat suatu pemandangan. Jadi apa yang kita rasakan sebelum mengambil gambar sama dengaan apa yang dirasakan seseorang yang melihat foto kita.


Kedengaranya kayak susah ya?  tapi gak sesusah yang dibayangkan kok, ini tips nya :

1. Pakai Aperature yang kecil 
Poto pemandangan ini memnuntut detail yang tajam dari depan sampe belakang yang artinya  kita harus mengatur kamera kita ke aperature yang paling kecil. contoh memilih di f/16 atau lebih kecil. Aperature itu semakin kecil bilangannya semakin besar ya.contoh :  f/16 = aperature kecil, f/1,8 = Aperature besar.

Ilustralsi Aperature

2. Menggunakan ISO Rendah
Jika ingin gambar tajam dengan noise minim maka ISO Rendah adalah pilihan yang paling tepat. beberapa kamera ada yang memiliki ISO 50 atau 64 tapi kebanyakan sih kamera minimal ISO nya 100. gue biasa gunain ISO 100 tapi kalau cahaya kurang dan gak bawa tripod mau gak mau gue naikin pengaturan ISO nya.
Ilustrasi ISO

3. Lensa Wide Angle bukan satu-satunya pilihan
Lensa Wide Angle sering menjadi pilihan pertama dala memotret lanskap karena dengan lensa ini memungkinkan mendapatkan lebbih banyak keluasan lanskap. tapi kadang-kadang kita juga perlu lensa tele berguna untuk memotret pemandangan bagus tapi jauh. tapi dengan lensa standar 18-55mm saja sudah bagus kok.
menggunakan lensa Wide Angle


4. Gunakan Tripod 
Jika agan serius dalam memotret lanskap agan harus memakai tripod untuk hasil yang lebih tajam tentunya. ketika kita harus memakai ISO kecil Aperature kecil dan shutter speed otomatis kecil dimana kecepatan kamera lebih rendah daripada getaran tangan jadi membuat resiko gambar ngeblur lebih besar.


5. Pakai remote untuk menghindari guncangan pada kamera
bahkan pada tripod yang kokoh pun kalau kita menyentuh kamera akan menyebabkan getaran dan menyebabkan gambar sedikit kabur dan ini dapat dicegah kalo kita pakai remote.
Ada banyak remote yang tersedia di pasaran beberapa terhubung melalui kabel dan sebagian udah pakai jaringan nikrabel alias gak pake kabel :D , Udah banyak sekarang kamera yang punya konektivitas Wi-Fi memungkinkan tersambung ke smartphone.


6. Foreground, tengah dan background semuanya penting
Gampang ya foto lanskap.., yang perlu diingat dan paling penting bahwa perlu ada sesuatu yang menarik di seluruh gambar dari depan pemandangan sampai pemangangan yang paling belakang.


7. Waktu yang tepat
Banyak fotografer lanskap Profesional yang menghabiskan waktu berhari-hari menunggu cuaca yang tepat untuk tampilan gambar sesuai dengan yang mereka inginkan.
potretlah pada jam emas yaitu pada saat matahari terbit dan sebelum matahari terbenam itu dikarenakan cahaya di waktu itu sangat lembut bagus untuk detail foto lanskap. Namun gak berarti bahwa semua foto lanskap itu harus di jam emas kadang-kadang di buat di waktu mlangit mendung dan badai untuk membuat foto lanskap yang lenbih dramatis.

8. Rule of thirds adalah panduan bukan aturan
jangan terlalu terpaku pada semua aturan yang wajib harus diikuti tapi hanya sebagai panduan aja. dan agan bisa mengembangkan pemahaman tentang aturan untuk menghasilkan foto yang lebih menarik meskipun itu melawan aturan itu sendiri.  

You Might Also Like

0 komentar