Welcome to our website !

Maybe Blog

No rule just my style..

Shutter Speed pada Kamera Digital

By 12:37:00


Secara definisi Shutter Speed berasal dari dua kata yaitu shutter dan speed, shutter yang artinya rana yang pasti bukan merana dan speed artinya mempercepat, itulah yang gue tau artinya shutter speed dari mbah gugel. Berarti kesimpulannya shutter speed itu berarti mempercepat rana (bingung) gue juga yang nulis bingung apa maksudnya.. :D.

Jadi kesimpulannya shutter speed adalah rentang waktu saat shutter di kamera agan terbuka. lebih mudahnya lagi, shutter spped berarti waktu dimana sensor kamera 'ngeliat' subyek nyang mau di poto. gampangnya shutter speed adalah waktu antara kita mencet tombol shutter di kamera ampe tombol balik lagi ke posisi semula.(gak ada yang lebih gampang lagi ya pengertianya?) aduh gue bingung gimana jelasinnya. oke deh kita langsung aja ke TKP gimana cara gunain kameranya.


  • Setting Sutter speed kira-kira 500 lah berarti rentang waktunya sebanyak 1/500 (sepergope) detik. The Flash juga bisa langsung beku ketangkep kamera  kalo gunain speed 500 keatas. nah kalo waktu eksposur sebanyak 30 detik, agan akan liat tulisan kayak gini : 30"
  • Setting shutter speed di kamera biasanya dalam kelipatan 2, deretannya kayak gini : 1/500, 1/250, 1/125, 1/60, 1/30 dst. (itu katanya kelipatan 2 terus masa abis 125 jadi 60 harusnya kan 65??) aduuh mana ada sih di kamera 1/65 udah lah intinya gitu aja... :D. tapi kamera sekarang udah pada canggih udeh bisa setting 1/3 stop artinya pergerakan shutter speed nyang lebih rapat kayak ; 1/500, 1/400, 1/320, 1/250, 1/200, 1/160.. dst lah, pegel kalo harus di tulis semua.
  • Biar hasil yang memuaskan atou tajam, gunain shutter speed nyang aman. Aturan aman di semua kondisi, setting shutter speed 1/60 atau bisa juga lebih cepet. Hasil foto nya pun akan tajam dan tentu aja aman dari hasil foto ngebayang (blus/kagak fokus) bisa aja sih di akalin tentang batas aman ini gak harus 1/60 tapi dengan catatan harus pake tripod kalo enggak, pake deh tuh fiturkamera yang namanya Image Stabilization. Silahkan agan pilih aja yang mana enaknya.
  • Batas shutter speed harus lebih gede dari panjang lensa. jadi kalo make lensa di 50mm maka minimal shutter speednya 1/60, jika pake panjang lensa nyang 17mm maka gunain aja shutter speednya 1/30 det. gampang kan??
  • Shutter speed buat beku'in gerakan. tapi bukannya jadi beku jadi es ya.. hehe, yang di maksud disini adalah dimana obyek bergerak secepat apapun hasil di kamera seolah-olah beku gak bergerak sama sekali. semakin cepat si obyek gerak semakin cepat shutter speed di butuhin. misalnya : foto burung yang terbang.. eh bukan burung yang aneh-aneh ya.. gunain mode shutter speed di angka 1/1000 detik. tapi sih kebanyakan fotografer olahraga kebanyakan favoritin pake fitur mode ISO auto yaitu mode S/Tv di kamera.
  • Blur disengaja yaitu blur yang di sengaja.. eh sama aja ya?? maksudnya buat nampilin gambar seolah-olah bergerak di foto, nah caranya gampang sekali tinggal lambatin aja tuh shutter speed  maka foto yang dihasilkan akan nunjukin efek pergerakan.
Itulah kira-kara gambaran sekilas tentang shutter speed semoga bermanfaat dan.. Selamat berkreasi.. :) Sumber : www.belajarfotografi.com

You Might Also Like

0 komentar