Welcome to our website !

Maybe Blog

No rule just my style..

Antara Sepak bola dan Rokok

By 19:58:00


Agak aneh mungkin karena judulnya yang mungkin saja kagak ada hubungannya sama sekali, gue juga bingung ceritanya mau dari mana. Tapi ini faktanya ternyata dalam hidup gue antara sepak bola dan rokok itu mempunyai hubungan yg sangat erat
(Keluarga kalee eraaat..). 
Emang sungguh aneh mungkin lebih aneh dari Pocong belajar baca koran.

*halah..



Pada jaman dahulu kala sekitar tahun 1998 ketika itu gue kira-kira kelas  5 SD lah..

*Udehlah gk usah ngitung umur kayaknya tua banget gue.. hiks hiks

Gue pertamakalinya nonton bola malem-malem, kira-kira sekitar jam 01:30 am waktu itu  final Piala Dunia yang mempertemukan Kesebelasan Prancis dan Brajil.
 (Revisi  “Brazil” maklum orang sunda lidah gue suseh ngomong  “Z”)
Waktu itu gue nginep di rumah sodara di Citutut.
(Salah satu daerah di Ciamis)
gue dibangunin paksa malem-malem di ajak ame sodara gue buat nonton bareng di rumah tetangga, karena di rumah sodara gue gak ada tipi nyang ada cuma radio berwarna.

*Maksudnya warna radio itu loh yang berwarna.. hehe

Akhirnya gue bangun dengan mata masih tertutup, karena masih berasa ngantuk banget. di tambah cuaca yg dingin jadi cakung alias cuacanya  mendukung, oleh karena itu gue langsung bergegas pergi ke kamar mandi buat sekedar cuci muka buat ngilangin rasa ngantuk yg menyerang. Kebetulan kamar mandi rumah sodara gue itu di out door.
(gue kasih tau ya, out door itu luar ruangan.. gue tau lu pade pada kagak tau out door kan?? Haha)
tapi gk jauh sih cuma jarak 2 meter dari rumah mungkin, tapi tetep aja meskipun jarak rumah dan kamar mandi deket tetep bulu jaket  gue merinding , karena tetep itungannya keluar rumah.

*buluuuu kuuuduuuk..!!! bukan bulu jaaket.  Yah terserah lah apapun namanya itu.

Didalam kamar mandi gue langsung siram muka gue dengan air, sayup-sayup dari belakang kamar mandi di deket pohon salak terdengar suara cicit anak ayam. bunyinya :
“ciak... ciak.. ciak..”
Begitulah suaranya kira-kira.

Jadi teringat cerita sodara gue kalo kuntilanak itu suaranya persis anak ayam. Pikiran gue langsung spontan berfikir itu berarti..

kun... kun... kuntilanaaaaaak.

Karena kamar mandinya gk pake tembok cuma pake bilik sambil gemeteran gue intip tuh sumber suara karena gue sangat penasaran meskipun rasanya sangat ketakutan. Setelah diintip ternyata bener di luar terlihat sosok yg menyeramkan. Dan dia.. dia.. menoleh ke arahku dia menatapku dengan tatapan kosong.. dan makhluk menyeramkan itu berkata :
“Ris buruan lu cuci muka lama amat udah mau maen nih pertandingannya”

Pas gue perhatiin lagi dengan teliti.. fiuhhhh ternyata itu sodara gue yg lagi nangkep anak ayam yang lepas dari kandangnya.

*hahahaha setdah gue pikir itu kunt***nak..  

Singkat kate gue nonton bola di rumah tetangga gue, dan skor akhirnya adalah 3-1 buat Prancis yang paling berkesan adalah 2 gol yang diborong oleh salah satu pemain Prancis dengan hanya pake sundulan, gue pikir wuiih jago banget nih orang sundulannya,  yg gue gk suka dia tuh palanya botak di tengah yg membuat gue jadi illfeel. Gue sih suka permainannya tapi gk suka orangnya itu koment gue pertamakali sehabis pertandingan. Belakangan gue tau namanya Jinedin Jidan.
(tulisan yg bener Zinedine Zidane, #halah protes mulu).
Tapi ini jadi awal mula gue menyukai olahraga sepak bola.

Dari situ gue jadi mulai suka sepak bola, dan mencari-cari informasi tentang sepak bola. tanya-tanya ke temen ampe nenek gue pun gue tanya. saking tertariknya ke dunia sepak bola.

meskipun gue tertarik ama yang namanya sepak bola tapi bukan berarti gue suka turun ke lapangan buat maen bola, pernah gue sekali nyobain main bola ama temen-temen sekolah SD gue , dan hasilnya gue slalu jatuh bangun..

backsong "Jatuh bangun aku.... mengejarmu, namun dirimu tak mau me.. ngerti"

*Megi Jet singing.

Gue sadar akan ketidak berbakatan gue terhadap sepak bola, maen bola bukannya bikin gue seneng malah bikin gue bete. Gimana gak bete hampir setengah jam permainan gue jarang banget dapet bola, giliran dapet bola eh keselimpet.., kalo gak cari bola sendiri gue mungkin kagak bakalan dapet bola.
karena gak ada temen yang mau ngoper bola, saking bego nya gue maen bola.

*bego = serasa hina banget


tapi itulah yang gue rasakan saat itu, pernah gue dulu latihan bola ama anak anak-anak sebaya di stadion DEWASARI (salah satu daerah di Ciamis) bersama klub sepak bola PERSADA, saat itu gue dilatih ama pelatih lokal di daerah itu, ada kata-kata pelatih waktu itu yang gue inget ampe sekarang, kata-katanya :

"Susah lo itu kagak ada bakat"

ANJRIT nih pelatih bukannya ngasih semangat malah bikin gue down, itu kata-kata yang bakalan gue inget seumur idup. emang ngatainnya sih pelan banget. tapi menurut gue,

"dalem banget"

dari saat itu gue berikrar, bakat bukan segalanya, kalo gue berusaha pasti bisa. sambil menggebu-gebu gak karuan, gue bakal buktiin ama tuh orang.Dan liat dong gue sekarang meskipun kagak jadi pemaen bola gue kagak segoblok dulu.
jadi hikmah dari cerita ini adalah :

"Mempunyai bakat itu anugrah, tapi bakat bukan segalanya, semua itu kembali kepada diri kita sendiri.. kalo kita berusaha pasti bisa. di dunia ini gak ada yang mustahil kecuali gigit pala sendiri" heehe

Salam AC

jadi kayak motipator gue.
lanjut yang tadi ah gue waktu di sekolah SD nama sekolahnya SDN Dewasari III, itu SD favorit saat itu.

*sumpah bohong hahaha

Gue sangat suka ame kartun Street Fighter waktu itu dan tokoh karakter yang gue suka adalah Vega bukan Nadia Vega ya.., apalagi Vega R, itukan nama motor, temen gue Dudi suka ama Honda, Yudi = blanka, dan Aan = Ken. Alasan kenapa gue suka banget ama Vega karena dia punya karakter yang hampir sama ame gue.

Dia tampan,

*gue banget. (ueks..)
dia melindungi wajah tampannya dengan topeng. agar muka nya gak tergos sewaktu ia bertarung.

Dia juga berani,

*gue banget lagi, berani..!!!
dia seorang matador. taukan apa arti matador (matador itu makanan yang terbuat dari beras ketan putih ame telor kan??) itu "kerak teloooooor, ah somplak" udah ah yang pada kagak tau tanya rumput yang bergoyang aja.

nah kalo pengen gambarnya si vega nih di bawah :

Vega "Street Fighter"


Keren kan?? namanya matador udah pasti asal Negarannya bukan dari Indonesia kecuali kerak telor.. hehe. Yup asalnya dari spain atau spanayol. karena gue suka banget sama karakter ini gue juga suka ama negara Spanyol dan kebetulan waktu itu pada tahun 2000 ada pertandingan final Liga champion,  yang mempertemukan antara  Real Madrid vs Valencia, waktu itu Real Madrid menang dengan skor telak yaitu 3-0 gue sangat terkesan ngeliat pertandingan itu gue masih ingat gol pertama di cetak Fernando Morientes, kedua ame Steve McManaman, dan terakhir ame idola abadi gue "Raul Gonzales". 

Raul Gonzalez (Thn 2000)

Dari saat itu gue memantapkan diri bahwa gue adalah fans nya klub Real Madrid. gue waktu itu nonton bareng ama temen gue Namanya Detu (A Ruslan German) dia yang ngejelasin nama-nama pemain dan asal negaranya. Secara gue kan dulu kan buta ama yang namanya bola. 

Gue jadi penggemar Real Madrid udeh 11 tahun dari awal tahun 2000 ampe sekarang. lama kan?? tapi sekarang udeh gak seantusias dulu pas jamanya sekolah SMA, sekarang gue kerja jadi kagak bisa seenaknya bangun malem-malem buat sekedar nonton bola. bisa-bisa gue ngantuk abis di tempat kerjaan gue.


Tadi kan gue ceritain gue suka banget bola tapi kagak bisa maennya alias cuma bisa jadi penonton setia aja. Tapi pada waktu itu gue terpaksa maen bola karena dipaksa ame sekuntum rokok. (Loh kok bisa..??!!) 

 "ROKOK" yah benda itu yang membuat gue mau lari-larian bermain bola, secara gue dulu candu & ngepens banget dah ama Rokok.

*Ibarat Syahrini ngepens ama seorang Dapid Bekham

coba dulu rokok berbentuk manusia, mungkin gue bakal minta tanda tangan di dada seperti Syahrini. *halah

Saking ngepensnya gue ama tuh rokok dulu jaman SMA gue pernah berikrar begini :

"kalo cewek gue ampe ngelarang ngerokok, gue bakalan langsung mutusin tuh cewek" 

*Sadis..!!!

Sadis sih kedengerannya, tapi itu emang bener, gue sumpeh pernah berikrar seperti itu. Tapi kagak pernah ada sejarahnya sih dulu gue di putusin karena alasan rokok. tapi sering di putusin karena gue orangnya terlalu cuek, katanya sih.. biarpun cuek tapi gue itu orangnya penyayang kok.

*ngeles

Gue tau tuh rokok itu merugikan kesehatan, gue juga kagak buta hurup. Gue bisa baca tulisan di bungkus rokok yang bertuliskan, Merokok dapat menyebabkan kangker (kantong kering) *emang, Impotensi kehamilan dan janin. yang gue paling takutin adalah nyang Impotensi. Percuma kan keren juga kalo mengidap Impotensi. 

*amit-amit jabang bagong.

Kalo seumpama gue Impotensi gue bisa-bisa di pecat secara tidak hormat dari kategori orang paling keren dong? kok jadi mirip kisahnya briptu Norman ya dipecat secara tidak hormat. *halah ngawur.

Gue puter kepala, pokoknya pala gue puter-puter udeh kayak orang gila, buat cari cara gimana biar gue bisa hidup sehat tapi gue masih bisa ngerokok. (ya kagak bisa laaaaaaaaaaaah). akhirnya gue punya ide,  akhirnya gue punya ide untuk menyeimbangkan roko dengan porsi olahraga, dan olahraga yang gue pilih adalah lari. Gue pertama-tama punya inisiatip lari muterin desa "Dewasari" sebuah nama desa di Ciamis. dan hasilnya napas gue terasa enteng walaupun capeknya minta ampun dan yang paling gue herankan gue kok jadi lebih menikmati rokok setelah beberapa jam olahraga. dari situ gue jadi rajin lari, dari lari pagi, lari siang ampe lari malem dalam mimpi pun gue mimpi lari. semua waktu gue isi dengan lari dah.

"hey lari pagi, tua muda semua... lari pagi"
beksong lagi-lagi lagu dangdut kali ini ciptaaanya bang haji.

Setelah sebulan gue pikir-pikir, lari bikin badan gue cape banget. bete juga lama-lama, akhirnya terlintas dalam pikiran gue olahraga sepakbola. gue pikir sepakbola itu yang lari di lapangan itu 20 orang, dan gue kagak bakal lari sendirian dan lagi ada tujuan jelas yaitu nguber bola, dan itulah yang memotivasi gue buat bermaen bola. 

Gara-gara rokok gue jadi suka maen bola walaupun awalnya terpaksa. meskipun gue belajar bola dari nol. berangkat dari modal gue pengen olahraga biar nikotin (akibat rokok) di paru-paru gue kagak terlalu numpuk. tapi dengan berjalannya waktu gue mulai menyukai permainan sepak bola.

10 tahun kemudian bermain bola udah menjadi hobby gue, dan gue berniat ninggalin rokok karena ingain napas gue enteng pas maen bola. tapi bukan perkara mudah buat gue buat berhenti ngerokok, butuh perjuangan. secara gue dulu nyandu banget ama tuh benda. Awal-awal gue berhenti ngerokok ampe tiap malem gue ngimpi ngerokok.. "suer deh gk bo'ong" kagak bakalan bisa trlukiskan lah pokoknya susahnya gue berhenti ngerokok. Tapi dengan niat dan tekad gue akhirnya bisa lepas dari rokok. positif gue berhenti ngerokok karena sepak bola. 

Jadi Gue maen bola karena Rokok,
dan gue berhenti ngerokok karena Sepak Bola.

emang Unik tapi kenyataan.. hahah
tapi sayangnya dari hobby gue ini gue gk sampe jadi pemaen bola propesional. Coba kalo gue sekarang jadi pemaen bola, Artis bakalan minta foto-foto bareng gue bukan sama Diego Michel secara kerenan gue kemana-mana lah.. hahahaha 

*dilarang protes


Itulah kisah awal mula kenapa gue Hobby maen bola.Itulah awal kisah kenapa gue berhenti ngerokok.. masuk akal gk sih?? ya udah lah pokoknya ceritanya begitu.., sampai jumpa di kisah selanjutnya..

Wassalamu'alaikum wr wb..







.

You Might Also Like

0 komentar