Welcome to our website !

Maybe Blog

No rule just my style..

4 Tool Photoshop yang Harus Diketahui Fotografer

By 12:36:00

Ketika mendengar kata editing dalam fotografi pasti tidak asing lagi yang namanya aplikasi Adobe Photoshop meskipun tampilannya lebih ribet daripada Adobe Lightroom dan membutuhkan waktu dan ketekunan untuk menguasainya.tapi tengang aja yang penting ada kemauan untuk belajar. gak sesusah itu kok.



Berikut 4 Tool Photoshop yang gue gunain. sebenarnya banyak jalan menuju roma alias ada cara lain selain yang gue sebutin dan hasilnya juga bisa lebih baik. tapi ini cara yang biasa gue pake ya. yang penting pengerjaanya bisa cepet dan yang gak kalah penting juga hasilnya rapi.

Sebelum kita melakukan editing  di Photoshop, hal pertama yang harus diperhatiin bahwa agan bisa menyebabkan perubahan permanen pada piksel dan rincian foto jika agan tidak hati-hati.

Ada beberapa cara biar foto orisinil agan aman caranya dengan bekerja dalam lapisan yang terpisah atau kalau di photoshop itu namanya bikin Layer baru. Caranya Klk ikon New Layer di bagian bawah Panel layer. ulangi terus jika agan mau mengedit apapun di photoshop. dan klik dua kali di layernya untuk mengubag nama layernya itu membantu agan  mengingat apa aja yang udah di edit di layer tersebut.


1. Spot Healing Brush
kayaknya kabel listrik di atas kiri sangat menggagu pemandangan untuk memulai kita gunakan Spot Healing Brush. sikat ini menciptakan perbaikan tanpa batas ke foto agan dengan mengganti tekstur yang tidak diinginkan dari foto dengan tekstur yang anda inginkan dari daerah lain. gak ngerti?? gue juga bingung gue ngomong apa.. haha intinya gitu aja.

Klik dan drag pada kabelnya untuk menyesuaikan kuas tekan tombol ([) dan (]) pada keyboard agan. Jika agan melakukan kesalahan maka teken aja Ctrl+Z (pada windows) atau Command + Z (pada mac). lihat gambar.



Atur juga ukuran brush dan opacity serta hardnes nya. dan lihat otomatis kabelnya langsung ilang.. kayak sulap ya. :D



2. Clone Stamp Tool 
Cara alternatif lainya bisa pake clone stamp tool, alat ini bisa digunakan untuk mengganti daerah yang tidak diinginkan dari suatu foto.untuk menggunakan Clone stamp tool ini pertama jangan lupa selalu duplikat layer terus pilih clone stamp tool di menu bar.sebelum agan ngeklik arahin dulu kursor ke pinggir kabel listrik (ke awannya) terus tekan alt+klik (pada windows) atau option+klik (pada mac) buat nentuin sampel sumber yang mau di cloning. setelah itu arsirlah di bagian kabelnya lihat apa yang terjadi. ingat atur size dan hardnes brusnya jika agan ingin editannya halus turunin opocity brusnya.



3. Magic wand Tool 
Berikutnya ayo kita singkirkan tiang hitam di kanan foto klik di tiang hitamnya maka otomatis akan terseleks. magic wand tool memilih piksel berdasarkan nada dan warna jadi kadang-kadang seleksinya malah kelebihan agan bisa atur tolerance nya di bar atas. setelah tiang terseleksi klik lagi pake stamp tool tembak di daerah yang di inginkan dan arsir di daerah yang terseleksi. atau kalau ingin jalan pintas crop aja aja tiang listriknya :D udeh beres.




4. Fill Content-Aware
ini dia nih lebih sakti lagi setelah pakai magic wand tool kan tiang listrik terseleksi tuh. trus agan pilih menu Edit>Fill.. terus pilih content aware dan lihat hasilnya.. emang gak rapih sih agan rapihin aja pake spot healing brush atau pakai cloning stamp tool caranya sama dengan yang di atas ya.



Foto final yang sudah di retouch pake spot healing brush, clone stamp, magic wand dan content-aware fill. kabel-kabel listrik minggat tiang listrik pun ikut minggat. :D



Dalam tutorial ini gue udah sharing beberapa tool yang sangat penting untuk fotografer. dan udah gue tekankan dari awal ini bukan cara satu-satunya masih banyak jalan menuju roma ada banyak cara praktis dan lebih kreatif lainnya untuk menggunakan tool ini. dan silahkan agan-agan bereksperimen aja sendiri untuk penelitian lebih lanjut.ok.. segitu dulu sharingnya mudah-mudahan bermanfaat.

Salam SotoSoup. :D

You Might Also Like

0 komentar