Welcome to our website !

Maybe Blog

No rule just my style..

Konsep Exposure

By 08:58:00

Kali ini gue mau sharing tentang Konsep Exposure dalam kamera digital, mau DSLR ataupun  kamera saku konsepnya sama kok. Kebanyakan orang sih beli kamera bagus yang harganya di bilang relatif kagak murah. biasanya gunain kamera dengan mode auto kalo bahasa kerennya otomatis. Alesannya sih beragam dari mulai gak mau ribet, gak mau neko-noko, gak usah pusing-pusing tinggal jepret. Ah apapun alesannya minumnya teh botol sosro.. *halah

Jika dari hasil foto mode auto agan-agan udah puas maka udeh stop cukup di sini bacanya.. nah kalo yang pengen lulus istilahnya naik kelas lah dari mode auto, pengen ngembangin kreatifitas atau mempunya jiwa kreatif kayak gue hehe..yuuu marrii kite belajar Apasih itu Exposure.

Langsung aja deh.. Exposure bisa di Ilustrasikan dengan tiga elemen atau nyang biasa di sebut "Segitiga Fotografi" pokoknya semua elemen nyang ada dalam segitiga ini semua hubungannya ame cahaya. gimana sih cara cahaya masuk terus berinterksi sama kamera.



Ketiga elemen itu adalah :
1. ISO - Ukuran seberapa sensitif sih kamera itu ame cahaya
2. Apature - Berapa besar bukaan lensa pada waktu kita ngambil foto.
3. Shutter Speed  - Rentang waktu "jendela" (bukan pintu..:D) di depan kamera terbuka
     atau lebih mudanya  kecepatan kamera dalam menangkap sebuah gambar.

Interaksi ketiga elemen ini nih yang disebut eksposur. kalo salah satu elemen angka nya di ubah maka elemen lainnya juga bakal ikut berubah.


Perumpamaan Segitiga Exposure
lebih mudahnya coba kita umpamakan segitiga exposure itu adalah keran aer.

  • Shutter speed diibaratkan seberapa lama kita buka ntu keran aer. 
  • Aperature seberapa besar kita buka keran.
  • ISO adalah kuatnya dorongan aer dari PDAM 
  • Maka aer nyang ngalir di keran itu ibaratkan aja cahaya yang masuk ke kamera.
lah kok gue jadi kayak petugas PDAM ya.. ngurusin aer.. yah seenggaknya walaupun bukan perumpamaan yang sempurna mudah-mudahan bisa mudeng..



Pengalaman pribadi :
kamera gue sih Canon 40D ISO nya berkisa dari 100-1600 bisanya sih kalo suasananya gelap malam gue biasa pake ISO 800 kalo masih gelap gue naikin ke 1000 kalo masih gelap juga baru deh terpaksa pake yang ISO paling besar 1600, tapi gue saranin sih jangan deh ya gunain ISO yang terlalu besar kalo gak mepet-mepet amat karena semakin tinggi ISO makin banyak Noise (bintik-bintik hitam) yang muncul di foto.
 naah lensanya kalo pake yang standar bawaanya 18-55mm bisanya sih Max Apature f3.5 ya udah sebisa mungkin gunain tuh bukaan besar semakin besar bukaan maka angka f nya semakin kecil pake dah tuh yang f3.5 max. yang terakhir shuter speed yaah minimal 1/20 kalo kurang dari 1/20 detik mak agan-agan meningan pake tripod deh untuk mengatasi resiko gambar blur.

Kalo tengah hari bentet sih gue biasa pake ISO 100 terus aperature nya atur aja yah minimal yang gue pake sih f5.3 kalo mau foto pemandangan f12 atau lebih terus shutter speed nya gue pake 1/100 detik biar aman dan terhindar dari hasil foto yang blur.

Itu cuma pengalaman pribadi gue sih, silahkan agan-agan berkreasi aja sendiri aja dan mulai detik ini janganlah selalu mengandalkan mode auto kamera agan.. gunain lah kreatifitas, karena menurut gue ada kepuasan tersendiri gimanaaa gitu.. :D

ok deh selamat mencoba..!!!





You Might Also Like

4 komentar

  1. Pengennya sih coba-coba explore camera DSLR, semua fitur-fiturnya termasuk exposure itu..tp camera-nya belum punya. Masih harus enjoy dengan kamera pocket..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamera poket juga bisa coba-coba kok.. yang penting tetep enjoy aja ya.. coba-coba aja deh, yg penting jangan selalu serba otomatis.. di jamin bakal lebih menyenangkan.. :)

      Delete
  2. Iya, gunain kamera poketnya menyesuaikan obyek yang akan di ambil dan waktunya. KAlau malam dan siang suka ta pakai sesuai pilihan yg sesuai. Kalau obyeknya bergerak atau diam, ya masih seputaran itu. Tapi kalau mau moto bulan purnama hasilnya masih mirip bola lampu di taman...view langitnya gak keliatan, HIks:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata ririe udah faham ya masalah exposure..
      Tetep semangat ya..!!!

      Delete