Welcome to our website !

Maybe Blog

No rule just my style..

Foto Setajam Silet di Situasi Minim Cahaya

By 11:33:00

Sering banget nih kita nemuin obyek yang menarik yang datang dimana kita harus memotret dalam keadaan minim cahaya atau kurang cahaya. Eh sama aja ya.. di sini gue mau sharing gimana sih kita dapat menghasilkan foto yang tetap tajam setajam silet.


*halah

Obyek yang kayak view kota di saat malam hari, konser musik di malam hari bentet (itu siang hari) suka-suka dong.. Hehe. Sayang-sayang kan kalo dilewatkan begitu aja tanpa kamera berbicara.. maksudnya beraksi. Nah berikut kira-kira tips untuk tetap bisa menghasilkan foto yang optimum :




1. Tripod. Alat pamungkas yang satu ini sangat berguna dan sangat membantu untuk memotret agar kamera tetap stabil dan mengurangi resiko obyek blur.



2. Jika kagak punya tripod, lupa bawa atau ribet bawa-bawa tripod, usahakan kamera tetap stabil dengan manfaatin lingkungan sekitar. Misalnya bersandar pada bahu orang lain, itu juga kalo ada yg bersedia di sandarin..:D, kalo gak ada yang mau? Kan bisa manfaatin yang lain kayak tembok dan pager atau apa aja lah bisa di buat sandaran biar mengurangi resiko tangan gemeteran terus kamera goyang-goyang ngeblur deh hasilnya.


3. Usahakan gunain aperature sebesar mungkin. Semakin besar semakin bagus. Jika batas aperature lensa terbesar f/3.5 pakelah aperature segitu. Tapi kalo punya lensa yang aperaturnya di atas itu misal f/2.8 atau f/1.8 pakelah yang terbesar.

4. Jika trik di atas belum cukup atau masih ora iso (masih belum bisa). Naikan ISO kamera hingga shutter speed mencapai 1/60 (Kalo kamera generasi jaman sekarang sih udeh bisa gunain ISO sampe diatas 1000)

5. Saat gunaan tips nyang ke-4, lebih mantap aktifin fitur High ISO Noise Reduction di kamera buat ngurangin noise.

6. Bisa aja sih lewatin tips nyang ke-5, dengan pake software noise reduction buat ngurangin noise pada tahap post production. Banyak sih aplikasi buat ngurangin noise kayak Noise Ninja, Imagnomic Noisware atau Nik’s Dfine lumayan lah bisa jinakin tuh noise di akhir photo kita. Bisa juga pake aplikasi Lightroom, di aplikasi ini ada fitur yang namanya noise reduction yang lumayan canggih. Silahkan agan-agan coba semua dah mana yang lebih praktis dan hasilnya memuaskan.

7. Jika agan pake panjang focal Xmm, maka shutter speed nya harus di atas 1/X detik. Intinya nominal angka shutter speed harus lebih besar daripada panjang focal yang agan pake. (gak ngerti point nyang ini..) gue juga bingung jelasinnya gimana.. yaaah intinya gitu deh, mudah-mudahan aja agan-agan pada ngerti apa yang gue omongin.. heheh. Ada kata pamungkas salah satu dosen gue yang ampe tulisan ini dibuat gue belum lulus lewatin pelajaran yang di ajar. *curcol..
dia slalu bilang.. "SEMOGA.."

Selamat berkreasai dan enjoy berfoto di malam hari..!!! :)


Sumber : www.belajarfotografi.com

You Might Also Like

0 komentar