Welcome to our website !

Maybe Blog

No rule just my style..

Mark Zuckerberg

By 15:13:00

Ada yang kenal pesbuk?? *pasti tokoh pewayangan yang yang idungnya panjang ya? halah.., itu petruk. mungkin pertanyaan bodoh kalo gue nanyanya kayak gitu. ya udah pasti semua orang udah pada tau apa itu pesbuk. kalo kagak tau gue bakal kasih tau apa itu pesbuk.

*sok tau




 Ya betul, pesbuk adalah jejaring pertemanan di dunia maya yang bisa menyihir penghuni jagat raya. gimana enggak jumlah penggunanya semakin hari semakin bertambah. apalagi sekarang dari anak-anak ampe kakek nenek pada punya acount pesbuk. Pada Januari 2011 aja pesbuk punya 600 juta pengguna aktif, di Indonesia aja ada 38,6 juta pengguna hingga Desember 2010 apalagi sekarang bisa aja nyame 50 juta pengguna. yang lebih mencenagangkan Indonesia berada di urutan ke dua mengalahkan Inggris di tempat ketiga. Dan merupakan pengguna terbesar di Asia. 

*alamak..

Gue gak habis pikir kenapa di Indonesia pesbuk itu sangat disukai, mungkin pesbuk diterima karena kultur dan budaya pesbuk cocok di Indonesia secara di Indonesia kan banyak yang hobinya ngerumpi ame ngegosip.


*hus su'udzon
hehe itu cuma asumsi gue aja sih. gak pernah ada yang pernah meneliti secara resmi kenapa pesbuk digemari di Indonesia. 

Lalu pertanyaannya siapa sih yang membuat pesbuk?? Pencipta pesbuk adalah Mak Jakerbeg (Mark Zuckerberg nulisnya) iyalah bebas.. nama kok susah bener di bacanya, kenapa enggak bambang atau udin sih. ya sudahlah kok jadi gue yang kepoh sih.. haha 



Mark Zuckerberg
Gue kagum banget ama nih orang, gimana engga sekarang di udeh di nobatkan sebagai Miliyuner Termuda sepanjang sejarah, padahal kalo ngitung umur.. gue cuma beda setaun ama tuh orang.. tuaan dialah pastinya. yah itulah hidup, umur boleh sama tapi nasib bagaikan bumi dan langit. 


*apek.




 Bukan hanya penghargaan penhargaan yang iya dapatkan aja yang gue kagumi. tapi yang paling gue kagumi adalah pendapatnnya yang mencapai US$ 800.000.000,- berapa nol kalo gue kali kerupiah ya?  gak kebayang gue punya duit sebanyak itu. 





 Gimana sih seorang anak muda yang kaya ini mengawali karirnya, nah di bawah ini gue bakal kutip kisahnya :


Pada jaman dahulu kala, (gue slalu bingung kalo mau cerita awalnya gimana, biarlah terkesan jadul juga) Mak jakerbeg eh Mark Zuckerberg dari kecil dia udeh suka ame ngutak-ngatik komputer. dan slalu mencoba berbagai program komputer. dan belajar membuatnya. Nah melihat gelagat anaknya ini bokapnya pun langsung membelikannya sebuah komputer untuknya. 


(pantes aja bisa, coba gue dulu ame ayah gue dibeliin komputer mungkin sekarang gue yang ada di posisi dia.. hehe) 

nah si Mark udeh memulai belajar pemograman ketika dia duduk di bangku Sekolah menengah dan di ajari oleh ayahnya BASIC Programing.  mungkin bokapnya si mark ngeliat bakatnya si mark lau bokapnya menunjuk David Newman sebagau guru pribadinya.


Dia melanjutkan pendidikan formalnya di Universitas Harvard. Pada awal masuk kampus dia kagak di kasih Face Book (Buku mahasiswa yang berisi foto identitas mahasiswa di kampus itu di maksudkan agar bisa lebih mengenal orang lain di kampus bersangkutan) lalu sik mark ini menawarkan untuk membuat buku Face Book itu, dan pihak harvard selalu menolak permintaan si mark. si mark langsung inisiatif memutar celananya.. eh maksud gue pikirannya. lalu si mark membuat direktori onlen bernama Facemash.  sejak dia menluncurkan website ini, tercatan 450 pengunjung dan 22.000 foto mereka buka. entah kenapa dari pihak Harvad memutus sambungan internet. karena katanya si Mark udeh mencuri data Universitas dan akhirnya facemash pun "GAGAL". 

bukannya kapok nih orang dia malah bikin web baru lagi dengan nama www.thefacebook.com web ini diluncurkan februari 2004. nah web yang ini adalah penyempurnaan dari facemash.  dan si Mark bikin nih web di kamar asramanya. gak di tempat khusus, ataupun di tempat serba canggih, ini menandakan bahwa dimanapun kita berada kita bisa melakukan sesuatu yang besar. yang tentunya bisa bermanfaat bagi banyak orang. 

Sasarannya tetep sama Mahasiswa Harvard, hanya dalam yang sangat singkat sekitar dua mingguan lah tuh pesbuk udeh menjaring dua per tiga lebih mahasiswa di harvad.


*mang lu kata ikan di jaring.


 Banyaknya aplikasi yang digunakan jadi nih web banyak digadrungi banyak orang. konon katanya sakitknya karna di guna-guna (gue juga bingung gue ngomong apa) maksud gue konon katanya hingga sat ini udah lebih dari 20.000 aplikasi yang dimasukan ke pesbuk. inilah yang membedakan pesbuk dengan yagn lain. Bukan hanya di Harvard saja beberapa kampus di sekitar Harvard pun juga meminat dimasikan dalam jejaring sosial Pesbuk. 


Si Mark pun kewalahan lalu dia meminta kedua temannya buat ngembangin pesbuk. dan dia mengikuti jejak seniornya Bill Gates memilih keluar dari kampusnya dan menyeriusi pesbuk.




Si Mark bilang : 

"Apa yang gue inginkan udeh ada di tangan, gue kagak mau punya izasah lalu kerja. menurut gue, pekerjaan hanya buat orang-orang yang lemah."  

kata si Mark ke majalah curent. 

(sadis.., dalem banget  kata-katanya gue juga yg pekerja merasa sangat tersindir. tapi nih kata-kata juga sekaligus memotivasi menurut gue)





Dari hari ke hari nih pengguna pesbuk makin meningkat. dalam tempo empat bulan aja pesbuk udah menjaring 30 kampus dan akhir 2004 udah mencapai satu juta pengguna. Pantastik..!! akhirnya si Mark dan kawan-kawan kemudian mengembangkan pesbuk lebih jauh lagi.  Pada september 2006 pesbuk membuka pendaftaran buat umum dengan syarat memiliki email, sejak itulah pengguna pesbuk melesat.


Melesatnya bisnis pesbuk membuat si Mark kebanyakan duit. Majalah Forbes mengatakan kekayaan si Mark mencapai US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp, 13.5 triliun. kebayang kalo tuh duit semuanya gue beliin kerupuk. mungkin bisa-bisa pulau jawa ketutup ama kerupuk. hehe. makanya wajar aje kalo dia di nobatkan sebagai :

"The Younghest 'self made' Billionare on the Planet"
  (orang muda terkaya seantero jagat)
Tapi yang gue sangat kagum ama nih orang, hidupnya sederhana. dengan duit sebanyak yang dia punya dia bisa beli apapun yang dia mau. tapi dia masih tinggal di apartement sewaan dan di kamarnya hanya tersedia sebuah meja dan kursi. kasurnya juga geletakan di lantai. ketika dia berangkat ke kantornya si Mark sering berjalan kaki atau naek sepeda. ckckck orang sekaya itu bisa ya hidupnya sesederhana itu. kasih 5 jempol dah buat si mak buat kesederhanaanya. 
gak kaya OKB jaman sekarang pada belagu, mending sih kayak si mark maklum lah dia punya banayk duit seenggaknya ada yang di belaguin. yang paling parah udah miskin belagu lagi.. haha (ah.. t e r l a l u , bang haji mode on) 

andai gue dulu yang membuat pesbuk mungkin sekarang gue lagi menikmati jadi miliuner.. *halah

 Inspirasi yang bisa di petik dari cerita si Mark :

1. Kreatifitas anak muda yang mengguncangkan dunia. yang biasanya di penuhi dengan konten-konten yang gazebo dan porno kini beralih ke situs pesbuk.

2.Situs dengan trafik terbesar di dunia. 
seorang yang tidak menamatkan kuliahnya tapi punya kreatifitas yang tinggi hingga mencapai situs trafik terbesar di dunia. Buat anda yang kagak bisa kuliah karena faktor ekonomi silahkan berfikir kreatif. mungkin dari tangan lu lu pade bakalan lahir karya-karya terhebat di dunia.


3.Kreatifitas tidak perlu modal yang besar.


4.Kreatifitas yang baik berarti membuat hal-hal yang baru bukan mencontek. 


Nah itulah kira-kira pelajaran nyang bisa kita ambil kesimpulannya, semoga kita semua bisa terinspirasi dan bisa lebih kaya dari si mark tentunya.. amiiin.


Semoga bermanfaat.
Salam AC


*AC = Arez Casev




Dari berbagai sumber.


You Might Also Like

2 komentar

  1. "Gue gak habis pikir kenapa di Indonesia pesbuk itu sangat disukai, mungkin pesbuk diterima karena kultur dan budaya pesbuk cocok di Indonesia secara di Indonesia kan banyak yang hobinya ngerumpi ame ngegosip." Menanggapi ungkapan itu, mungkin karena karakter sebagian besar 'orang kita' tidak pandai mengungkapkan satu pemikiran dengan jalan pembicaraan. Makanya mereka mencari media yang dapat share pemikiran mereka pada sebanyak mungkin orang tanpa harus cape 'berkoar' hehe...

    eh kang tos di follow tuh blog na :)

    ReplyDelete
  2. Bisa jadi juga tuh.. hahaaha ok.

    ReplyDelete